Perlu Anda Ketahui Cara Memilih Cincin Berlian untuk Pertunangan

Cara Memilih Cincin Berlian

Berencana untuk membeli cincin berlian untuk pertunangan Anda? Jika ya, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut. Hal ini dikarenakan panduan ini akan membantu Anda mendapatkan cincin yang sempurna untuk pertunangan Anda, baik itu untuk Anda sendiri atau untuk pasangan Anda. Berikut ini adalah panduan tersebut.

Material logam

cincin berlian wanita

Ini adalah titik awal untuk memilih cincin tunangan terbaik. Adapun berbagai material logam terpopuler yang bisa Anda pilih untuk cincin tunangan Anda adalah sebagai berikut.

  • Emas

Untuk logam emas ini, Anda diberikan 3 pilihan warna yang bisa dijadikan sebagai bahan cincin Anda atau perhiasan berlian Anda yang lain.

  • Emas kuning adalah pilihan emas yang paling umum digunakan orang untuk dibentuk menjadi cincin atau perhiasan. Dikarenakan sifatnya yang klasik dapat membuat tampilan Anda terlihat anggun sekaligus mewah.
  • Emas putih adalah pilihan emas yang populer bagi orang yang lebih menyukai perhiasan berwarna perak, tetapi menginginkan umur panjang dan prestise dari cincin emas.
  • Rose gold adalah pilihan emas lain yang telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Warna merah muda pada rose gold ini menciptakan tampilan yang jauh lebih feminine dan elegan.
  • Perak
  • Platinum
  • Titanium
  • Palladium

Dari sekian banyak pilihan material logam untuk dijadikan sebagai cincin tunangan, Platinum adalah salah satu material yang paling populer karena bahan ini memiliki daya tahan yang lama dan pilihan yang cocok untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, karena bahan Platinum bersifat hypoallergenic. Di luar platinum dan emas, Anda juga bisa mempertimbangkan palladium (yang memiliki rona abu-abu lebih dari platinum). Untuk mendapatkan material cincin tunangan yang tepat, maka Anda bisa menyesuaikan dengan selera Anda dan pasangan.

Model Cincin Berlian : Bentuk

model cincin berlian

Dikarenakan Anda ingin mendapatkan cincin tunangan Anda, maka memilih model cincin yang juga perlu diperhatikan. Sebelum masuk ke penilaian 4C untuk berlian, Anda harus miliki gagasan tentang bentuk berlian yang Anda (atau pasangan Anda) sukai. Bentuk di sini akan menunjukkan geometri batu yang sebenarnya, yang bertentangan dengan potongan, yang berhubungan dengan sudut-sudut segi pada batu. Adapun berbagai bentuk berlian yang bisa Anda pilih adalah

  • Princess

Buat Anda yang suka dengan tampilan yang elegan dan feminin, maka bentuk berlian princess ini bisa menjadi pilihan Anda. Hal ini dikarenakan permukaan pada batu berbentuk persegi ini mampu memancarkan berton-ton kilau yang membuat tampilan Anda semakin anggun.

  • Asscher

Batu berlian yang satu ini memiliki bentuk persegi dengan setiap sisinya yang melengkung dan potongan tebal, sehingga mampu menciptakan tampilan art deco yang dramatis.

  • Cushion

Batu berlian satu ini memiliki sudut bundar dan sisi yang besar, sehingga mampu meningkatkan kecemerlangan batu berlian berbentuk persegi panjang yang elegan ini.

  • Emerald

Batu berlian dengan bentuk persegi panjang ini adalah bentuk cincin yang menjelaskan tenang kejelasan (clarity) dari batu berlian tersebut melalui panjang dan bagian atasnya yang rata.

  • Heart

Bentuk hati ini sangat cocok untuk Anda yang sangat feminin dan romantis. Atau jika Anda berjiwa romantis, maka Anda bisa memberikan cincin wanita dengan bentuk hat ini kepada pasanagn wanita Anda.

  • Marquise

Mencari sesuatu yang khas dan dramatis? Anda bisa memilih bentuk batu berlian berbentuk oval dengan ujung yang runcing ini.

  • Pear

Bentuk pear ini adalah salah satu bentuk berlian yang populer. Bentuknya yang unik ini bisa dibentuk menjadi lebih pendek atau lebih memanjang agar sesuai dengan berbagai pengaturan yang Anda inginkan.

  • Radiant

Dengan memiliki efek yang sangat berkilau dan sangat glamor, berlian dengan bentuk radiant ini menggabungkan potongan zamrud dengan kilau berbentuk bundar.

  • Round

Sesuai dengan namanya, bentuk batu berlian ini berbentuk lingkaran. Selain itu, untuk Anda yang mencari bentuk berlian yang tak lekang oleh waktu, maka bentuk round ini cocok untuk Anda.

  • Oval

Batu berlian yang dipotong bentuk oval ini tampak hebat sebagai solitaire atau diapit dengan batu samping.

Cincin Berlian Wanita : Berdasarkan 4C

harga cincin berlian

Dikarenakan Anda ingin mendapatkan cincin berlian sebagai cincin tunangan Anda, maka memilih berlian juga perlu diperhatikan. Adapun saat memilih berlian untuk cincin Anda, Anda perlu mempertimbangkan 4C: cut, color, clarity, dan carat  dan ini juga khusus untuk cincin wanita.

  • Cut (Potongan)

Potongan berlian sebenarnya bukan ukuran atau bentuk berlian, melainkan sudut dan proporsi dari batu berlian. Jika berlian dipotong terlalu dalam atau terlalu dangkal, itu akan membocorkan cahaya pada sisi-sisinya, sehingga memberikan penampilan berlian yang kurang menarik dan akhirnya akan mengurangi nilai dan kilaunya. Berlian yang dipotong dengan baik akan memiliki dua faktor: aspek seperti cermin dan “cahaya putih” yang dipantulkan baik secara internal maupun eksternal, juga dikenal sebagai kilau, atau apa yang akan membuat cincin pertunangan Anda bersinar cerah.

  • Color (Warna)

Berlian putih yang sempurna secara struktural tidak memiliki warna. Tingkat berlian yang tidak berwarna dinilai pada skala dari D (tidak berwarna) ke Z (kuning muda), dengan batu tidak berwarna menjadi yang paling berharga.

  • Clarity (Kejelasan)

Semakin sedikit ketidakmurnian atau inklusi yang dimiliki berlian, semakin jelas dan semakin mahal harganya. Mirip dengan warna, kejernihan berlian juga diukur pada skala.

  • Carat (Karat)

Karat mengacu pada berat berlian. Ketika ukuran karat meningkat, demikian juga kelangkaannya dan, tentu saja, harganya. Tetapi, berlian yang memiliki bobot karat lebih besar tidak berarti berlian akan terlihat lebih besar. Sebuah berlian dengan ukuran karat yang lebih kecil, tetapi memiliki potongan (cut) yang dangkal mungkin terlihat lebih besar dari berlian dengan ukuran karat yang lebih besar dan potongan yang lebih dalam. Tampilan ukuran semua tidak hanya tergantung pada bentuk berlian, tetapi desain dan pemasangan yang berbeda yang Anda pilih — lingkaran cahaya akan membuat batu yang lebih kecil tampak lebih besar, dan demikian juga bentuk dengan area permukaan yang lebih luas, seperti pir atau zamrud.

Berlian: Pengaturan

Pengaturan yang dimaksud adalah kerangka logam tempat batu Anda dipasang. Pengaturan ini penting untuk mengatur warna pada cincin Anda. Contoh pengaturan berlian yang baik adalah batu berlian berbentuk bulat klasik dengan pengaturan bezel untuk tampilan yang fresh dan modern. Atau berlian berbentuk oval yang trendy dalam pengaturan empat cabang untuk hasil yang rerlihat lebih tradisional. Adapun berbagai pengaturan cincin berlian.

  • Prong: pengaturan dengan bentuk penyangga kecil untuk menangguhkan batu, sehingga membuatnya terlihat dari semua sisi untuk kilau yang maksimal. Dengan memilih pengaturan ini, Anda bisa menampilkan tampilan klasik yang menarik.
  • Katedral/kontur: pengaturan ini berbentuk lereng yang naik melindungi berlian di dua sisi. Dengan memilih pengaturan ini, Anda bisa menunjukkan sisi abadi dan anggun Anda.
  • Tension: dengan pengaturan ini, berlian dicengkeram oleh ribuan pound tekanan dan tampaknya melayang di angkasa. Jika Anda menghargai sesuatu yang unik, maka penampilan berani ini akan menjadi favorit.
  • Bezel: pengaturan ini berupa bingkai logam mulia yang mengelilingi batu, sehingga mampu menjaga berlian agar tetap aman. Untuk Anda yang merupakan seseorang dengan gaya hidup aktif dan modern, maka pengaturan ini sangat cocok untuk Anda.

Itulah panduan untuk mendapatkan cincin yang sempurna untuk pertunangan Anda. Setelah menemukan hal yang Anda butuhkan dalam mendapatkan cincin yang tepat, maka berikutnya adalah mencari toko perhiasan yang tepat untuk mendapatkan cincin idaman Anda.

Toko Perhiasan Berlian Terbaik

toko perhiasan berlian

Swan Jewellery merupakan modern chain store di Indonesia. Dengan taglines nya “Design Without Limit”, Swan Jewellery berkomitmen untuk menyediakan produk perhiasan berlian dengan design terbaru, berkualitas, dan fashionable. Dengan konsep tersebut, Swan Jewellery yakin akan menjadi market leader di dalam penjualan perhiasan berlian di Indonesia.

Adapun berbagai pehiasan berlian yang ditawarkan oleh Swan Jewellery adalah cincin kawin, cincin tunangan, hingga perhiasan berlian berupa cincin wanita. Tidak hanya menyediakan berbagai model perhiasan, di Swan Jewellery ini juga menyediakan berbagai informasi terbaru dan terlengkap terkait harga perhiasan, termasuk harga cincin tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai model cincin berlian, maka dapat Anda peroleh melalui website official Swan Jewellery di swan-jewellery.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *